19 Juni 2010

Menhut Resmikan Penangkaran Badak Jawa


SERANG, - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan bersama Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Senin (21/6/2010) dijadwalkan akan meresmikan pelaksanaan penangkaran Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon Pandeglang, Banten.

Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Agus Priambudi saat dikonfirmasi di Serang, Sabtu mengatakan, deklarasi dan peresmian penangkaran Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) akan dilangsungkan di Pulau Peucang di kawasan TNUK.

Acara itu akan dihadiri sekurangnya 200 orang undangan, terdiri dari pejabat terkait di Kementerian Kehutanan, Pemprov Banten, peneliti, sejumlah LSM dan dari Yayasan Badak Indonesia serta Yayasan Badak Internasional. "Dengan dimulainya penangkaran Badak Jawa ini diharapkan jumlah satwa langka ini akan bertambah menjadi 75 ekor hingga tahun 2015," katanya.

Menurut Agus, saat ini Badak Jawa yang ada di Ujung Kulon jumlahnya diperkirakan ada sekitar 50 ekor, sehingga dengan adanya penangkaran tersebut diharapkan akan menjamim ketersediaan makanan, air, lokasi perkembangbiakan serta memiliki habitat yang menjamin keberlangsungan hidup satwa tersebut.

Tidak ada komentar: